18 Feb 2017

Perjuangan Terakhir Cari Kerja di Bekasi

Untuk postingan ini, aku cuma cerita intinya. Waktu itu aku dapet info kalo di Cikarang ada PT yang produksi boneka barbie, katanya ada lowongan kerja. Karena aku tertarik, satu hari sebelum tes aku ke Bekasi lagi. Hari dimana tes diadain, aku dianter sama tukang ojek soalnya paman gak bisa anter, karna ada upacara gabungan di kantor.

Nyesek

Begitu nyampe, yang mau ikut tes banyak banget. Belum lagi ada yang udah masuk ke dalem (posisi aku di luar gerbang). Tiap barisnya 200 orang. Makanya ada yang bilang orang yang mau ikut tes kayaknya nyampe ribuan.

Waktu aku masih liat orang2 sekitar, tiba2 satpamnya masang spanduk, isinya "MAAF LOWONGAN HARI INI DITUTUP" Padahal yang masih di luar gerbang masih banyak banget. Begitu aku baca tulisan itu, rasanya kecewa campur sedih campur pengen marah campur bingung campur.. aaah galau deh! Ini lebih galau waktu aku putus cinta waktu SMA *ups tapi aku cuma diem aja.

perjuangan terakhir cari kerja di bekasi
sekedar ilustrasi
Mata gak lepas liatin tulisan itu. Orang2 sekitar aku kaya orang lagi demo teriak2 minta gerbang dibukain, protes gak terima lowongan kerja di tutup. (Mau gak protes gimana? Di pengumuman interview jam 7, jam stengah 7 lowongan udah di tutup). Yang sampe nangis juga ada..

Aku gak langsung pulang karna liat yang lain juga masih pada nunggu ngarep itu gerbang dibuka buat kita semua. Beberapa menit kemudian, gerbang di buka karna peserta yang udah ikut tes mau pulang. Beberapa orang nekad masuk tanpa sepengetahuan satpam. Tiba2 dari belakang pada maju, aku yang ada di tengah otomatis jadi kebawa ke depan. Karena keliatan rusuh, akhirnya satpam liat. Darisitu, satpam jaga gerbang lebih ketat.

Program BPKB

Setelah yakinin diri, itu gerbang gak bakalan di buka lagi, aku langsung sms tukang ojek buat jemput dan langsung anterin aku ke kantornya paman. Kebetulan pas aku nyampe, ada paman di kantin (udah jam istirahat). Langsung aja aku ceritain. Dia juga ikut sedih sambil ngelus2 pundak ami. Tiba2 dia kaya inget sesuatu.

: "Oiya ibunya Rika (temen kantornya) katanya ngajarin jait baju, nanti dikasih makan 3x sama uang 50 rb perharinya. Mau gak?"
: "Mauuu"
: "Oke, ntar sore abis pulang kita ke rumahnya nanyain lebih lanjut"

Kesorean harinya, aku pergi kerumahnya Bu Rika. Katanya ini program pemerintah, namanya BPKB (Badan Pelatihan Kerja Bekasi), tempat nya disebut BLK (Balai Latihan Kerja). Dan ternyata kata mamanya gak cuma bidang menjahit aja, bidang lain juga ada. Cnc, komputer, las, otomotif, de el el. Aku pilih komputer. Ini dia penampakan lokasinya.

kantor balai latihan kerja bekasi

Hasil Penantian

Aku kira begitu daftar buat ikutan BPKB besoknya langsung diajarin, ternyata mesti ikut tes dulu. Semenjak hari pas tes pelatihan, aku barengan terus sama F sepupunya bu Rika. Selama nunggu pengumuman hasil tes, kita ngebolang sekalian nyari kerja, masuk2in lamaran ke PT PT sekitar Cibitung sama Cikarang. Liat deretan bangunan PT di kawasan MM2100 aku tambah ngiler pengeeen banget bisa kerja di salah satu PT disitu.

Nah pas hari pengumuman kelolosan BPKB, aku lolos di bidang komputer. Senengnyaaa cuma katanya harus nunggu 2 minggu lagi mulai diasramainnya. Yaudah aku pulang dulu aja ke Tasik bawa persyaratan buat asrama.

persyaratan ikut belai pelatihan ketenagakerjaan bekasi

Satu hari sebelum aku mau balik lagi ke Bekasi, niat aku kan mau asrama di BPKB, tapi ada panggilan kerja juga di salah satu PT Bonafit di Bekasi. Aku bingung mesti milih yang mana. Aku pikir2 lagi.. aku putusin buat dateng ke PT.

Setelah ikut tes ini itu dari mulai psikotes, tes kesehatan, interview HRD, interview user, praktek lapangan dan terakhir MCU (lamanya 2 minggu), alhamdulillah tanda tangan kontrak juga hehe. Aku dapet kontrak satu tahun disana, dan ada kesempatan di perpanjang satu tahun lagi. Huh ! :")

tanda tangan kontrak di pt padma soode indonesia


72 komentar:

  1. Selamat y udah gawe
    Semoga neng betah disana
    Amin
    Abang kira bpkb itu bpkb motor kali
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mkasih hehe
      Haha namanya emang sama, tapi kepanjangannya beda :D

      Hapus
  2. alhamdulilah, ud dapat gawean neng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas fajar alhamdulillah ^^

      Hapus
  3. Jadi yang asrama itu batalkah Mbak? Agak sayang sih karena sudah tes, tapi selamat dengan pekerjaan yang baru ya, semoga sukses di perusahaan ini. Mudah-mudahan jadi yang terbaik untuk Mbak dan keluarga, hehe.
    Saya agak membayangkan, pasti sedih banget menyaksikan pintu ditutup dan dipasang pengumuman tidak menerima lowongan lagi. Ya Tuhan, semakin banyak ya pencari kerja, tapi lapangan pekerjaan kian terbatas. Bersyukurlah yang sudah dapat kerja, duh iya kudu banyak-banyak bersyukur nih. Terima kasih sudah mengingatkan ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya batal, gak jadi ikut asrama.. pdhl aku udh ckup akrab sama pembimbingnya
      Aamiin mkasih banyak doanya :)
      Kalo yg itu emang sedih banget mas
      Betul harus tetap bersyukur ^^
      Iya sama2 :)

      Hapus
  4. Bener-bener segudang nih pengalaman kerjanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya lebih ke nyari kerjanya deh hehe

      Hapus
  5. Selamat ya udah dapat kerja, semoga sukses! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih banyak mba doanya :)

      Hapus
  6. waaah akhirnya. selamat ya Ami. akhirnya perjuangan kamu membuahkan hasil.

    ngomong2 PT yang kamu maksud bikin boneka itu PT Mattel kan ya? teman2ku juga banyak yang kerja di sana.

    semoga betah ya ami. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mba puti
      hehe iya PT Mattel, oh gitu :)
      soal betah gak betah nanti aku ceritain di postingna berikutnya hehe

      Hapus
  7. Semoga kerjaan lancar dan dapat banyak rezeki serta berkah ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, syukron katsir mas akhmad :)

      Hapus
  8. Wah enaknyaaaaa

    Kalau udah kayak gitu kerasa banget ya balasan kerasnya perjuangan

    congratss!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah hehe
      yah begitulah :')
      makasiii ^^

      Hapus
  9. wah selamat, ya! semoga betah di tempat kerjanya, biar gak repot cari2 kerja lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang si repot banget nyari kerja, riweuh :D

      Hapus
  10. Alhamdulillah akhirnya segala perjuangan Ami ada hasilnya yaa. Yang penting punya teman dekat pasti betah deh, kalau ada apa-apa ada yang bisa dicurhatin.

    Gaji pertama buat beli apa nih..? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah, bener mba
      gaji pertama si aku pake buat keperluan kosan, beli2 alat rumah tangga wkwk

      Hapus
  11. Kita sama nih mbak, kesana kemari nyari kerja. Bahkan sampe keluar kota sekalipun wkwk.. setelah berjuang cukup keras untuk mencari kerja, akhirnya dapet juga hehehe. Memang usaha tidak akan pernah menghianati hasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget mas renald, usaha apapun yang kita lakuin kalo emang itu baik, pasti ada hasilnya dan gak akan sia2 :)

      Hapus
  12. alhamdulillah selamat bertugas
    semoga sesuai harapan

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah udah dapat pekerjaan. Semoga berkah..
    jangan lupa uangnya ditabung selain buat bahagian ortu n nikah buat usaha sendiri..
    Hehehe..

    BalasHapus
  14. Keren banget ya perjuangannya, apalagi saingannya buanyak banget gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak banget tapi alhamdulillah lolos juga hehe

      Hapus
  15. Alhamdulillah sudah dapet kerja, perjuangan banget itu :')

    BalasHapus
  16. Selamat ya..
    Akhirnya dapat kerja juga, setelah bersusah payah sekian lama.
    Rezeki memang tidak kemana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ^^
      aku yakin itu kok, merjuangin apapun kalo itu hal baik pasti gak bakal sia2 :')

      Hapus
  17. senengnya bisa mulai kerja, selamat

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah,sukses ya ka di tempat kerjanya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cuma bertahan 6 bulan mba disana wkwk

      Hapus
  19. Alhamdulillah teken kontrak juga ya Miii. Perjuangan panjang yang membuahkan hasil yang manis.. Heheheee. Ditunggu lagi cerita selanjutnya yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, itu hal yang sempet aku raguin sebenernya :')
      okeee ^^

      Hapus
  20. Alhamdulillah. Lancar2 terus rejekinya ya, Ami :)

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah... akhirnya perjuangan membuahkan hasil

    BalasHapus
  22. Selamat ya, perjuanganmu mencari pekerjaan akhirnya mendapatkan juga, sukses untukmu.

    BalasHapus
  23. Senengnya dapat kerja, Alhamdulillah.. Yang ak tahu krj di pt. Daerah situ gajinya gede empat keatas..Alhamdulillah

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah akhirnya dapet kerja.. Selamat ya. Semoga betah dan bawa berkah. Aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah sekali hehe
      Aamiin tapi aku kurang betah disana hehe

      Hapus
  25. Banyaj pengalaman banyak juga penghasilan meraih kehidupan. Makasih kisah inspirasinya..

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah,.. Akhirnya perjuangan dalam mencari kerja mendapatkan hasil yang istimewa. Diterima kerja di salah satu PT bonafit.

    Selamat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, hasil tidak mengkhianati proses
      Makasih ^^

      Hapus
  27. alhamdulillah, akhirnya setelah berjuang dg susah payah...barakallah mbak, semoga betah dengan kerjaan barunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. tapi sayang kurang betah hehe

      Hapus
  28. Yg barbie itu mattel indonesia to

    BalasHapus
  29. adik saya lulusan BLK dan sekarang sudah bekerja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah asik tuh mba hehe
      temen2ku juga banyak yang disalurin kerja lewat BLK

      Hapus
  30. Wow, selamat, perjuangannya nggak sia2 Mbak :)

    BalasHapus
  31. selamat y mba Ami apapun pekerjaannya give ur best :) barokah

    BalasHapus
  32. Hidup memang keras nak !

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah yah udah dapat kerjaan.

    BalasHapus
  34. Mi, selamat yaa..moga betah dan berkah :)
    Aku kira bpkb apa hihi...dari nyasar dan berbelok2 finally^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih teh, aamiin :)
      hehehe, ah belum mba. ternyata itu belum final

      Hapus
  35. Waah selamat ya mba, dan sukses selalu

    BalasHapus
  36. akhirnyaaa dapet gantinya ya mbaa :).. ga dapet di alfa, tp dpt di sini ;).. perjuangan cari kerja memang berat banget.. makanya suka ga ngerti sama org2 yang udah enak kerja, tp ngerusak image nya sendiri dengan ngelakuin yg bertentangan ama peraturan perusahaan..

    semoga kedepannya makin lancar dan bisa jadi karyawan tetap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba alhamdulillaah, penggantinya lebih baik lagi :)
      mungkin karna kurang bersyukur kali ya hehe
      aamiin, makasih banayk mba fany atas doanya ^^
      btw perusahaan yang dulu aku pernah kerja, udah gak ada sistem penetapan kartap mba cuma mungkin kalo usulan dari pihak HRD/ leader dan pihak perusahaan sepakat, baru deh bisa jadi kartap

      Hapus