11 Feb 2017

Psikotes di PT Alfaria Trijaya Tbk

Setelah tiba hari diadain tes di PT Alfaria, aku berangkat sama Pak (inisial U).

Disana dia jadi kepala bagian. Begitu kita sampai di kantornya, ternyata peserta yang lain udah pada kumpul. Pak U nyuruh aku buat ikut gabung di barisan mereka.

Aku sempet ngobrol sama peserta lain, darisitu aku jadi punya temen2 baru dan yang paling aku inget, namanya Roida Simatupang.

Dari namanya aja, udah pasti ketebak kan dia orang Medan. Asli orangnya kocak, seru barengan sama dia :D

Back to topic! Peserta yang namanya disebut, bisa langsung masuk ruangan tes.

Setelah semua kumpul di ruangan, satu persatu peserta disuruh ke depan buat diukur tinggi badannya.

Yang namanya disebut, berarti gagal buat ikut tes berikutnya.

Di tes yang kedua, semua peserta dibagi beberapa kelompok. Perkelompoknya 5 orang.

Di dalam satu kelompok kita saling memperkenalkan diri. Nyebutin nama, alamat, umur, sama lulusan apa kalo gak salah.

Ada tuh, peserta lain yang asalnya juga dari Tasik. Tapi sayang, dia cowok. Gak berani nanya duluan :( (maklum dulu masih pemalu, yang penting gak malu2in wkwk) Skip skip.

Nah abis itu, kita disuruh ngikutin cara nyapa karyawan alfamart ke pembeli, jadi kalo ada yang dateng ke alfamart, tangan kaya yang lagi nyembah gitu (gak nunduk ya), sambil bilang gini

"Selamat pagi, Selamat datang di alfamart.."

Kalo pembeli udah bayar belanjaannya bilang gini lagi
"Terimakasih.. silahkan datang kembali"

Pas pertama diajarin, aku nyengir kepaksa, abisnya berasa gimanee gitu haha.


Seperti tes awal, yang namanya disebut gak bisa ikut tes selanjutnya. Dan alhamdulillah aku masih bisa ikut hehe.

Kebetulan, adzan duhur udah berkumandang jadi peserta dikasih waktu satu jam buat istirahat sekalian solat buat yang muslim. Jam 1an kita udah ada di ruangan lagi.

Tes berikutnya, kita disuruh promosiin barang (boongan).

Setelah itu, seorang HRD dateng dan nyebutin peraturan kerja di Alfamart kaya gimana.

Salah satu peraturan yang aku inget, kalo misalkan uang di kasir kurang ya harus kita ganti.

Oya ijazah kita juga bakalan ditahan kalo udah tanda tangan kontrak.

Abis selesai HRD nyebutin peraturan, kita dikasih soal psikotes.

Soalnya gak jauh beda sama soal psikotes waktu di karawang.

Begitu waktu abis, semua kertas jawaban peserta diambil.

Ada 2 karyawan Alfaria lainnya (dari bagian kantor) yang masuk. Mereka jelasin kalo hasil tes, maksudnya lolos gak lolosnya bakal dikasih tau via SMS, 2 minggu yang akan datang.

Setelah itu, kita dibolehin buat pulang. Aku gak langsung pulang, mesti nunggu Pak U ngelarin kerjaannya.

Jam 4 dia baru keluar, kita masuk mobil, terus aku ditanya "gimana tadi tesnya?" Ya aku ceritain. Dia bilang,

: "Kalo yang ngurus lolos nggaknya itu temen saya, saya gak bisa bantu. Kalo misalkan kamu udah tanda tangan kontrak, terus kamu pengen kerja di alfamart yang sekitar Tambun, nah baru saya bisa bantu"
: "Oh gitu ya pak. Eh iya tadi katanya pengumuman lolosnya dikasih tau lewat SMS, sekitar 2 mingguan. Berarti aku bisa kali ya pak pulang ke Tasik dulu?"
: "Bisa bisa, yang penting kalo kamu lolos mesti langsung kesini"
: "oke siap"

Di mobil aku ditanya2 soal aku waktu sekolah gimana, terus kenapa pengen kerja di Bekasi.. ya kek gitulah.

Pas nyampe, aku turun, masuk rumah, ngambil wudhu, solat ashar (hehe), terus langsung cerita ke paman, sekalian bilang juga aku mau pulang dulu.

Dan besoknya aku pulang deh ke Tasik. Tapi sayang.. udah 2 minggu, aku gak dapet SMS dari Alfaria.. berarti aku gak lolos. Tau kan rasaya gimana? :(

Cuma dari situ, aku pantang nyerah. Pokonya aku pasti bisa dapet kerja! Bersambung..

37 komentar:

  1. tetap semangat neng, begitulah namanya pencari kerja. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas fajar, semanagat perlu buat gapai cita2 :)

      Hapus
    2. ya neng. aamiin yaa robbalallamin :)

      Hapus
  2. Wah Amiii, belom jodoh ini berarti kerja di Alfamart yaaa. Ditunggu cerita selanjutnya ya Miii

    BalasHapus
  3. cayooo Ami, jangan patah semangat. Masih banyak pintu2 lainnya..

    BalasHapus
  4. Semangat amii.... Insyaallah secepatnya bakal dapet pekerjaan.. Jangan putus asa.. Semoga diberi kelancaran dalam mendapatkan pekerjaan.. Barokallah ami.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin alhamdulillah ini aku punya pekerjaan ^^

      Hapus
  5. Semangaat!
    baru lulus kan? ini bukan akhir tapi awal!

    eh, tapi kok kamu berminat sih daftar di alfa? aku udah ngeri aja denger ijazah ditahan. yang namanya manusia kan nga tau ya kedepannya bakalan gimana..

    salam kenalll :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru lulus sih waktu itu hehe
      udah pusing nyari kerja, aku kalo ada yang nawarin kerjaan yang jelas, i want to try mba
      salam kenal juga mba putii :)

      Hapus
  6. Saya pun pertama kali kerja dulu nggak langsung dapet. Yang ke beberapa dulu, baru deal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti emang sma dong kaya aku hehe

      Hapus
  7. baru tau klo ngecapin selamat datang itu ada aturannya. semangat mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :D
      insyaalloh tetep semangat :)

      Hapus
  8. syelamaatsss sayang,,, kamu yang semangat yaa. emang entar awalnya kerja agak kaku sama suasana tapi laam2 kebiasa.

    BalasHapus
  9. berjuang dan berdoa menjadi wajib bagi yang sedang menggapai pekerjaan, padahal akan lebih bijak jika blog ini dijadikan lahan usaha, kenapa heunteu diberdayakan blogna atuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mang lembu wajib banget biar berkah
      kehuela atuh, kalem mang hehe

      Hapus
  10. Tapi benar kalau sudah ttd kontrak, ijazah bakal ditahan. Klau resign sebelum waktu kontaknya habis tetap masih ditahan, kalau pun mau diambil harus bayar. Kemarin temanku sih gitu..

    Semangat, rezeki mah gak bakal ketuker kok. Good Luck ya.
    Di tunggu kelanjutannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya peraturannya kaya gitu mas andi
      oke ^^

      Hapus
  11. Yang penting harus tetap semangat..
    Masih banyak lowongan pekerjaan yang lain! Positif thinking ok !

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke kak indra, setuju banget aku :D

      Hapus
  12. Wah, masih bersambung rupanya. Ditunggu updatenya, ya. Paling seru baca serba-serbi dunia kerja, soalnya kaya peralihan dari remaja ke dewasa, hihihi. Kebetulan di post baru aku juga cerita soal pengalaman kerja sebagai difabel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak indi, ini masih ada kelanjutannya :D
      bener tuh hehehe
      waaah tunggu aku berkunjung di postnya kk ya ^^

      Hapus
  13. Jangan lama-lama post lanjutannya, kayak seru tuch ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bentar lagi juga publish yang baru

      Hapus
  14. Aku dulu ikut psikotes, disuruh jawab soal yang rumit. tapi alhamdulillah mampu dan diterima di sana. aku juga kerja di sebuah minimarket lain. salaaaaaammmmmm ....

    BalasHapus
  15. jadi inget pengalaman dulu aku baru lulus kuliah trs nyari kerja :).. Tetep semangat mba, berarti bukan di sini rezekinya :).. pasti dikasih yg lebih bagus lagi ^o^

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya asem manis yah mba? hehe
      insyaalloh mba, keep spirit ^^
      aamiin ya robbal alamiin :)

      Hapus
  16. Aaakk. Aku penasaran banget, sampe semua tulisan kamu aku baca sekaligus xD

    Yang ini sedih, Mi. Perjuangan untuk dapet kerjanya bikin aku salut dan ngiri, karna aku blm ngerasain itu. Ini bisa jadi insipirasi aku untuk kedepannya. Don't give up ya, Amii ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow amazing suatu hal yang bikin aku seneng bacanya hihi makanya mba novi jadi komentator blog terfavorit di blog aku :D

      *nyodorin tisu
      dari sekarang khususnya nanti di masa mba berjuang buat dapetin kerja, jangan pernah ngerasa cape berjuag yah mba :) toh kita pengen lakuin hal baik, berjuang dalam hal baik pasti hasilnya juga baik, karena hasil gak akan pernah mengkhianati proses ^^

      Hapus
  17. Mba Hamni, kira kira kalau aku boleh tau. Kisi kisinya apa aja ya di alfa?
    Masalhnya saya pernah test juga di karawang. Terima kasih...
    Via WA 081224688168 jawabannya di WA aku aja ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh maaf banget mba/mas aku lhpa lagi udh lama bgt ituuu

      Hapus