7 Feb 2017

Nyasar Sendiri : Cerita Karawang Part II


Dari judul aja, mungkin udah kebayang kali ya gimana perasaan aku waktu itu. Panik, takut, sedih, ah gak jauh2 deh dari 3 rasa itu.

Oke to the point aja, lanjutin postingan yang cerita di karawang. Karena Aku tertarik banget kerja disana karna gajinya yang menurutku tinggi dan liat "i" (temen, cewe) yang katanya betah kerja disana.

Setelah "i" mempersilahkan buat aku tinggal di kosannya, aku minta ijin ke orang tua buat cari kerja lagi di karawang, tapi daerah karawang yang di postingan ini beda sama daerah karawang di postingan sebelumnya.

Agak berat hati akhirnya mereka kasih ijin.

Go To Karawang

Aku berangkat ke karawang hari minggu, pagi-pagi dan nyampe sekitar jam 2an.

Sorenya dia cerita gak bisa nemenin aku nyari kerja, hari senin besok dia jadwal shift pagi di PT nya juga lagi gak ada lowongan.

Tau gitu, aku datengnya mending pas ada lowongan aja, tapi mau gimana lagi :(

Akhirnya dia gambarin di kertas, jalan ke SMKN2 Karawang buat jadi daftar member bkk disitu, biar ntar bisa dapet info lowongan kerja katanya.

Hari senin. Hari dimana aku mulai pergi2 sendiri di kota orang. Aku naik angkot pas perempatan deket hotel.

Hotel itu aku jadiin patokan buat ntar aku turun dari angkot. Aku ikutin jalan sesuai petunjuk "i".

Nyampe di tempat tujuan, aku langsung ke ruang BKK dan nulis data diri jadi member disana. Kalo gak salah daftar member disitu Rp 25.000.

Nyasar

Setelah daftar member, aku langsung pulang. Pas di angkot aku ngerasa lama banget buat nyampe nya.

Mulai deh dari situ panik, kayanya aku kelebihan jalan. Aku bilang ke abang angkotnya turun di deket hotel.

: "Di sekitar sini, hotelnya ada 2. Yang neng maksud hotel mana?"
: "Mmm aku baca namanya cuma sekilas bang, jadi lupa"
: "2 hotel yang sekitar sini udah lewat tapi gak terlalu jauh kok dari sini"
: "Hah?" Sumpah tambah panik.
: "Neng ini tujuannya mau kemana?"
: " Ke bypass deket fly over"
: "Daerah situ kan luas neng, nama kampungnya apa?"
: "Aku gatau bang, aku kesini tinggal dikosannya temen. Dia juga gak nyebutin nama kampungnya apa"

Aku emang salah, harusnya aku inget2 gang dan nama hotel yang aku jadiin patokan buat turun dari angkot.

Ibu2 yang ada dalem angkot itu, jadi keliatan panik liat aku panik haha.

Dia juga nyuruh aku buat inget2 lagi dimana tadi aku naik angkot. Ah suer deh aku gak bisa inget2 karna panik duluan.

Akhirnya aku minta berenti sama si abang angkotnya. Pas aku turun, aku jalan ke arah barat.

Kesana kesanya, jalanan keliatan sepi terus ada sekumpulan bapak2 kaya lagi maen kartu.

Hati aku tambah gak enak, saking panik dan takutnya nyasar sendiri ya aku nangis.

Aku coba buat nenangin hati " Allohu ma'anaa.. Allohu ma'anaa (Alloh bersamaku Alloh bersamaku :').

Darisitu aku kepikiran buat balik lagi. Karna aku cape jalan, ada angkot lagi aku naik aja.

Di perjalanan, aku lewatin jalan yang mau menuju ke SMKN2 Karawang, aku berenti disitu.

Setelah itu, aku diem berdiri sambil nginget2 jalan pulang. Yaudah aku naik angkot lagi. Tapi ternyata aku masih gak inget dimana aku mesti turun.

Aku malah lewatin jalan yang gak aku lewatin sebelumnya. Aku jadi panik. Aku langsung nanya

: "bang ini mau ke bypass yang deket fly over kan?"
: "iya ini bentar lagi kesitu"
: "tapi perasaan tadi aku gak lewatin jalan yang ini"
: "saya ambilnya jalan sini neng. santai aja nanti juga nyampe"

 beberapa menit kemudian.

: "neng ini batas bypass"
: (diam sejenak sambil panik) "yaudah aku mau ke ramayana aja bang" (tempat pertama kalinya aku nyampe di karawang dan janjian sama temenku "i")
: "hati2 loh disana banyak copet"

Aduh ini abang angkot malah bikin tambah panik.

Setelah aku nyampe disana, aku duduk karna ada kursi kosong di depan.

Tiba-tiba di pojok kiri ada orang yang terus merhatiin gerak gerik aku sambil maenin hp. Otomatis aku langsung inget sama ucapan si abang angkot tadi. Takutnya dia copet.

Aku sengaja menghadap agak ke kiri. Kalo dia mendekat, kan aku bisa langsung lari.

Abis itu, aku kepikiran lagi, gimana kalo misalkan aku ngadep kiri, dia kontek temennya dateng dari arah kanan trus ngambil tas aku? Aaaah bikin tambah panik! Perasaan makin gak karuan.

Tiba-tiba orang itu makin keliatan sibuk sama hpnya. Bukan maksud aku nethink, aku cuma berusaha buat hati2 dan jaga diri, gak ada salahnya kan?

Ditolongin Malaikat

Pas lagi panik2nya, aku liat di depan ada angkot yang aku tumpangin waktu pergi ke kosan "i".

Karena feeling makin gak enak, aku terpaksa naik itu angkot meskipun supirnya keliatan udah kakek2 (takutnya, kurang meyakinkan kalo aku tanya).

Penumpangnya cuma 2 orang sama aku. Aku bilang gini ke supir angkotnya, bisa dibilang curcol lah ye haha

: " Pak, aku abis nyasar bolak balik naik angkot terus. Bingung mesti turun dimana, aku lupa gang dimana aku naik angkot"
: " Pertama naik angkotnya dimana neng?"
: " Di bypass deket fly over, aku tadi lewatin hotel cuma kata tukang angkot sebelumnya disini ada dua hotel, tapi aku gak inget nama hotelnya apa"
: " Nama kampungnya tau?"
: " Nggak"
: " Bypass deket fly over...ada banyak gang si (diem sambil mikir) ada toko Eva Sari ya disitu?"

Jreng jreng.. berasa ada lampu menyala di otak hahaha

(aku pernah lewatin toko itu sama "i", pas pertama baca nama tokonya aku jadi inget sama toko yang biasa aku datengin deket pesantren dulu, namanya toko Eva. Jadi aku bener2 ngeuh pas toko Eva Sari disebut)

: " iya bang iya itu"
: " nih bentar lagi nyampe"

Alhamdulillaaaaah ya Alloh hati aku udah mulai tenang lagi.

Setelah nyampe di depan toko Eva Sari, aku bayar angkotnya dan ucapain makasih banyak ke si kakek.

Semoga kakek itu dikasih rezeki yang berlimpah karna udah nolongin aku :')

Begitu nyampe, buka gerbang kosan, buka kunci pintu, aku langsung rebahan, aku nangis, aku masih ngerasa takut waktu itu.

Karena kecapean, aku sampe ketiduran. Malemnya, aku ceritain kejadian tadi siang sama "i".

Ikut Psikotes

Dua hari berikutnya "i" dapet info dari kakaknya katanya ada tes di 2 PT kawasan Surya Cipta tapi tesnya di SMK PGRI2 Karawang tapi katanya mesti daftar dulu jadi member disitu. Aku tertarik dan rasanya harus ikut.

Besoknya aku berangkat jam 7 sampe gak sempet beli buat sarapan karna takut kesiangan. Dari jalan raya cukup jauh ke sekolahan.

Ada tukang bubur, pengen makan bubur takut telat. Aaaah kepaksa deh lanjutin jalan.

Pas nyampe, ternyata baru ada cewek 1 orang, cowok 2 orang.

Aku samperin cewek yang lagi duduk deket kantor satpam. Kita kenalan (lupa namanya) terus ngobrol2 gitu.

Trus ada satu orang lagi cewek yang nyamperin. Kita kenalan, nama dia Nisa.

Teh Nisa orangnya baik, tinggi badannya sama kaya aku 150 cm tapi dia udah nikah.

Setelah satpam sekolah perbolehin masuk, kita masuk dan langsung daftar jadi member BKK disitu.

Setelah itu, kita duduk depan ruangan pendaftaran BKK sambil ngobrol, terus dia ngeluarin roti dari tasnya.

: "kamu udah sarapan belum mi?"
: "belum, tadi gak sempet takut kesiangan hehe"
: (roti dia belah bagi dua) "nih makan, sebelum kita ikut tes, mesti makan dulu biar konsentrasi gak keganggu karna kelaperan"
: (aku nyengir terus aku ambil rotinya) "makasih banyak ya teh, ami juga laper si.. gak biasa pagi2 perut kosong"
: "iya sama-sama, udah makan. nih minumnya

Alhamdulillaah aku nemu malaikat lagi (orang baik).

Kalo gak salah jam 8.30 kita mulai ikut tes.Setelah selesai, kata bapak2 yang mimpin tes gini

" Buat kalian yang lolos tes, nanti kita kasih tau via SMS. Usahakan no kalian selalu aktif"

Jam sepuluh lebihan semua yang udah ikut tes bisa langsung pulang.

Untungnya, jalan aku pulang searah sama teh Nisa. Meskipun aku waktu itu udah yakin inget jalan pulang, aku masih takut. Tapi alhamdulillah akhirnya aku bisa pulang tanpa nyasar dulu hehe.

Seperti biasa, malemnya aku ceritain sama "i" gimana tes aku tadi. Setelah itu dia bilang gini

" Mi, aku mau pindah kosan biar deket sama PT, kalo kamu mau ikut gapapa ya kita patungan bayar kosannya? "

Aku baru ikut tes, belum tentu keterima, kalo aku gak keterima dan ikut pindah kosan aku bayar pake apa.

" aku bilang paman dulu" (kata mamah, kalo ada apa2 bilangnya ke paman aja soalnya aku udah dititipin sama dia. jarak pama sama ami lebih deket, karawang-bekasi)

Aku langsung kontek paman ceritain hal itu sambil mikir gimana baiknya buat aku.

Setelah itu, aku putusin aja buat ikut paman tinggal di bekasi. Kalo ada panggilan baru aku balik ke karawang.

Gapapa deh bolak balik bekasi-karawang. Aku bilang ke "i" aku mau ikut paman aja terus bilang makasih karna udah ngebolehin aku tinggal di kosannya tanpa dipungut biaya hehe.

Dan besoknya aku dijemput sama paman dan tinggal di bekasi. Beberapa hari aku di bekasi, aku dapet sms dari BKK PGRI2 Karawang

" Selamat Anda lolos dengan peringkat......" (kesananya lupa lagi)

Alhamdulillaaah lolos. Aku waktu itu seneng, tapi anehnya kaya kurang yakin sama sms itu.

Aku bales gini

" maaf kak, kalo boleh tau interview nya kapan? soalnya aku lagi di luar kota"

Tapi sayang, aku nanya gak dibales juga :(.

Aku langsung bilang ke paman, aku mesti gimana. Waktu itu paman lagi sama temennya ngobrol depan rumah dan temennya ikut ngedengerin.

Gini kata temennya,

" kalo itu dari BKK, trus kamu sms kayanya gak bakal dibales neng. Mending cari kerja yang lain aja. Kerja apa dulu aja lah yang penting halal biar ada pengalaman juga daripada pilih2 gak dapet2."

Pamanku kaya lagi mikir pas temennya bilang gitu sama aku. Terus dia langsung nanya gini

: "Mau kerja di PT Alfaria gak? Alfamart.."
: "mau mau"
: "kepala bagiannya paman kenal, malahan masih sodara dari bibi (istrinya). Kali aja dipermudah gitu masuk kesananya"
: "iya aku mau"

Intinya, yang panggilan interview dari Karawang gak terlalu aku harepin.

Aku fokus buat ikut tes di PT Alfaria, tesnya di Cikarang. Ceritanya aku lanjut di postingan berikutnya ya hehe. Yang penasaran selamat menunggu :D

48 komentar:

  1. untung aja ditolongin kakek2 supir angkot
    emang kalau di tempat baru itu kudu apal ancer ancer alias tempat unik lokasi kita yang gampang diinget,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah banget :D
      iya nih, emang salah aku juga sih hehe

      Hapus
  2. alhamdulilah, klu neng , selalu dilindungi rabb. kemana aja langkahnya.
    ditunggu postingannya neng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bersyukur banget mas fajar
      okee ^^

      Hapus
    2. :) , selalu semangat berbagi pengalaman n nulis na neng

      Hapus
    3. iya mas fajar ^^

      Hapus
  3. Greget kali pengalamannya. Pernah nyasar di hati orang gak? *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah, kalo belum mungkin sekali pacaran langsung nikah karna hatinya gak nyasar wkwk

      Hapus
  4. Mamang selalu ada malaikat Allah yg siap menolong kalo bingung. Percaya banget itu, aku pernah ngalamin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba alhamdulillah banget, pasti selalu ada jalan keluar disetiap kesulitan. Makanya Alloh datengin kakek-kakek itu hehe

      Hapus
  5. Nah ini lanjutan cerita ngelamar kerja pas waktu itu ya wqwq.

    Ngmongin tentang tes masuk alfamart nih dulu aku juga sempet ditawarin kesana.
    tapi syaratnya harus kumpulin ijazah gitu.
    ya udah aku jadi ga mau daftar muehe.

    aku tunggu lanjutanya ya teteh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masleon, masih ada lanjutannya juga yang ini wkwk
      emang iya mas ijazah bakalan di tahan. di indomaret juga kaya gitu

      siaaap ^^

      Hapus
  6. Ini pengalaman yang sangat bagus ya Ami, nanti bisa diceritakan kepada anak cucu perjuangan Ami dulu gimana. Saya juga pernah merasakan kok cari-cari kerja dengan bekal hanya ijasah SMA, hanya saja nggak sampai keluar kota.

    Dulu saya kerja pertama kali usia 19 tahun juga loh kayak Ami. Semangat terus yaa, semoga jadi orang sukses, aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makanya aku tuangin ke blog ini mba
      oh gituu, lebihmudah mungkin mba kalo masih di kota mba sendiri

      aamiin ya robbal alamiin, alloohul mujiib.. makasih do'anya mba anjar :')

      Hapus
  7. aduh untung masih pada baik-baik ya mbak, apa mgkn rasa tawakal mbak yg membuat perjalanan jadi aman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah mba
      duh bacanya bikin terharu :" wallohua'lam mba kalo soal itu

      Hapus
  8. Kalau niat kita baik pasti kalau kesusahan ada yang mau nolongin. :-)
    pengalaman yang luar biasa mbak..
    Semoga menjadi kenangan tersendiri yang tak terlupakan. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas eksa, yakin aja sama itu
      cuma baiknya harus bener2 buat niat baik, tidak hanya baik dalam anggapan kita
      iya nih, gak terlupakan mas :D

      Hapus
  9. demi appapunnnn gue jadi ikut takut bacanya haha udah bebawa neting juga apalagi pas sampai bapak bapak main kartu hehehe

    tapi Alhamdulillah kn akhirnya lulus tes hehe, btw salam kenal ya aku pengujung baruuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi aku yang ngalaminnya mbaak :D
      lulus sih lulus, tapi gak lanjut interview. Nanti aku ceritain di postingan selanjutnya
      iya mba reski, salam kenal juga ^^

      Hapus
  10. Alhamdulilah dapet pertolongan dari Allah :)
    Di tempat baru atau tempat yang baru kita kunjungi sebaiknya tahu jalannya. Meskipun belum ke jalan tersebut.

    Tapi zaman sekarang, selain ada google maps, bisa juga secara langsung bertanya kepada orang sekitar :)

    Diantos postingan saterasna :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah :)
      disini yang salah emang aku, kalo aku tau alamat lengkap tempat kos mungkin gabakalan ada nyasar2 segala tapi tetep aku syukurin, darisitu dapet hikmah sekaligus pelajaran biar aku lebih hati2 lagi hehe
      hatur nhun kang Andi, wilujeng ngantos :D

      Hapus
  11. Orang baik emang slalu ada penolongnya, dimanapun dan kapanpun setiap masalah yang menghadang akan disiapkan celah jalan keluar.....cuma emang nyari "celah"nya itu yang rada "keringetan"..he.he.he

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh malu banget disebut orang baik, baik dimata manusia belum tentu baik di hadapanNya :(
      bener mas nedi ^^

      Hapus
  12. Ya ampun Ami, kamu setrong sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. berusaha buat setrong aja mba wuri :D

      Hapus
  13. Sebuah perjuangan yang melelahkan, kesasar lagi, tapi tetap semangat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan mba..alhamdulillaah ^^

      Hapus
  14. Nah lain kali kalo nyasar jangan panik ya teh,,, biasanya faktor panik juga bisa mempengaruhi pikiran dan ingatan, Terus apabila di kota orang apalagi kota besar, apa yang sudah dilakukan benar,,, jangan lupa bertanya dan tetap berhati hati. Apalagi di Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas irfan makasih sarannya tapi mudah2an gak sampe nyasar lagi hehe
      oke siap ^^

      Hapus
  15. Neng amiii, aku pernah jga kayak gini. Tapi ditolongin orang laki rambut gondrong. Pertamanya udah serem duluan karena kayak reman dandannya. Alhamdulillah ya masih ditolong Allah. . Mudah2an nggak kejadian lagi ya neng ami

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ya mba, terkadang penampilan luar orang yang kaya gitu suka bikin kita takut pdhal kita gak boleh ya, yang penting harus hati2 aja
      aamiin mba suci :)

      Hapus
  16. Sangat menginspirasi ceritanya

    BalasHapus
  17. Waduh. Lain kali lebih hati-hati lagi ya dek. Apalagi di rantauan dan masih baru. Semangat ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, akunya sih yang terlalu nekat dan gak hati2 hehe
      siap !

      Hapus
  18. Aku sering nyasar hahahha..sampe ngga ada yang mau kuajak bareng

    BalasHapus
  19. Perjalanan AMi mencari kerja berliku-liku banget ya miiii. Tapi seru untuk diikutin. AKu selalu baca ceritanya sampe kelar loh. Hehehee. Ati-ati Ami kalo di kota orang, harus bener-bener tau nama daerah yang dituju. mudah-mudahan nggak akan nyasar lagi yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin emang bisa dibilang begitu mba, waaah makasih mba ^^
      iya mba makasih dah nasehatin hehe

      Hapus
  20. Perjuangan banget ya mi..semangat ya mi. Alhamdulillah nyasar masih bisa dapat pertolongan tak terduga dari orang yang tak diduga bisa mengingatkan alamat ya mi. Jadi pelajaran ya, buat nyatet alamat lengkap tempat tinhgal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba alhamdulillah banget :')
      hehehe siap siap

      Hapus
  21. Omaygat. Cerita tentang nyasarnya seru juga ya, Mi. Ehehe, aku ngomong gini kedengerannya jahat yak. Eh tapi beneran seru dannn agak bikin panik, juga, makannya aku penasaran lanjutannya gimana jadi aku baca sampe selesai. Pengalamannya nyasarnya pasti bakal jadi kenangan yang unforgetable ya, Mi. Aku dulu juga pernah nyasar di daerah orang, untungnya aku gak sendirian:'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapaaa novi baik kooo ;;)
      bener, gak bisa aku lupain kaya lupain salahnya mantan wkwkwk #padahal kan gak boleh ya inget2 salah orang, ya udah lupain!
      yah mending dong kalo ada temen, lah aku sendiri hiks :'(

      Hapus
  22. aku yg susah inget jalan, jd serem juga bayanginnya Mi :D.. makanya itu kenapa aku g prnh mau pergi sendiri krn dijamin suka nyasar.. ga tau kenapa, aku paling susah inget jalan ato arah, tp cepet kalo inget soal2 yg lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ya samaan lah mba kaya aku, kalo ngunjungin tempat baru ngapalin jalannya gak cukup sekali
      kecuali kalo yang mentok

      sukurlah kalo yang lain ga susah buat diinget :)

      Hapus
  23. terus jadinya mba kerja di alfa ?

    haduhh... agak ngeri juga sihh kalau nyasar.z aku ada niatan mau ke cikarang,bekasi... itu juga modal nekat mau cari kerja mba.hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak, bacanya gak sampe tuntas sii

      mudah2an cepet dapet kerjanya ya :)

      Hapus