4 Des 2016

Hiduplah Sesukamu

Berpakaian syar'i dibilang so alim, bersikap lugu di bilang jaim, pakai barang kw dibilang miskin. Ini itu dikomentarin. Yaa inilah hidup.

Hidup itu tidak lepas dari komentar dan penilaian orang. Komentar baik buruknya tergantung dari sudut pandang masing-masing. Sebanyak apapun kita melakukan hal baik, akan tetap terlihat buruk di mata pembenci. 

Jika seseorang sering mendapat komentar dari setiap apa yang diperbuat, mungkin seperti ini yang selalu muncul dalam benak nya "aduh sikapku salah gak yah? bagaimana nanti kata mereka?!"

Pleaseeee... Pertanyaan-pertanyaan itu justru akan membuat langkah kita menjadi tertahan karena kita merasa tertekan. Meski tidak mudah mengabaikan komentar orang, abaikan saja apalagi jika itu hanya sebuah nyinyiran.

Hidup kita bukan hanya untuk menyenangkan hati semua orang. Ingat saja satu hal, setiap manusia punya mulut, bisa berbicara dan kebiasaan berkomentar tak lepas dari mulutnya masing-masing. Termasuk judging.

Untuk aku pribadi, tak ada untungnya jika hidup dihabiskan hanya untuk mengomentari hidup orang. Untu apa protes apalagi ikut campur dengan urusan orang? Biarkan saja. Jika melebihi batas, mungkin sesekali mengingatkan dengan cara yang santun sebagai wujud dari rasa peduli.

Jika kita terlalu sibuk mengomentari apalagi menilai apa yang orang lain lakukan, yang ada kita lupa bahwa diri sendiripun perlu perbaikan.

Jangan memperumit hidup hanya karena omongan orang lain. Itu hanya akan menghentikan mimpimu. Lebih baik fokus saja untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik. 

Foto : Pixabay

HIDUPLAH SESUKAMU! KARENA SETIAP ORANG PUNYA HAKNYA MASING-MASING TANPA HARUS MENGUSIK YANG LAIN.

Hanya saja ada yang perlu di ingat. Setiap perbuatan pasti ada batasan dan pertanggung jawaban. Semua hal memiliki resikonya. Jangan sampai menimbulkan pengaruh negatif untuk diri sendiri apalagi merugikan orang lain.

44 komentar:

  1. Kalau hidupnya dihabiskan untuk menuruti komentar supaya terlihat baik di mata orang lain, oh well, seumur hidup pun tak akan cukup. Jadi ngapain harus melakukan hal merepotkan seperti itu, iya kan?

    Thanks udah maen ke blog gue ya mi.

    Baru jadi blogger ya? Semangat, ditunggu post selanjutnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, lagian gak usahlah pikirin komentar2 orang lain kalo kesannya gak baik.
      Sama-sama kak ^^
      Iya nih aku masih belajar hehe, oke kak *emot nyengir

      Hapus
  2. Nah iya, makin dewasa makin sadar lah kita yak kalo orang lain punya kehidupan masing2 tanpa perlu kita turut campur ato komen hihi, nice reminder

    BalasHapus
  3. Enak nih kalo setiap orang punya pemikiran gitu, thanks kak :)

    BalasHapus
  4. Hidup ini dinikmati, kalau ada masukan diambil, kalau dikira nggak pas didengerin aja hahahhahha

    BalasHapus
  5. Setuju, kita hidup dengan cara kita sendiri.
    Selama kita nggak mengganggu dan merugikan kehidupan orang lain, ya orang lain jangan ngeganggu kehidupan kita juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mending kak klo setiap orang kaya gitu, tapi kan banyak juga yang suka ganggu kehidupan orang lain meskipun kita gak ganggu kehidupan dia -_-

      Hapus
  6. Mikirin hidup sendiri aja kadang udah ribet sendiri ya, apalagi mikirin hidup orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi masa bodo aja lah ya sama urusan orang lain hihi

      Hapus
  7. Klo kita terus mikirin omongan org lain yang ada kita rugi bukannya kita mikirin perbaikan diri malah sibuk mikiri org makanya ga maju2 hehehe...semangat mb ^^

    BalasHapus
  8. Setuju sekali dengan pendapatmu mi. Kebanyakan dengar pendapat juga belum tentu dikemudian hari orang yang kasih pendapat tadi ketika mengalami hal yang sama bakal melakukan suai dengan yang dikasihnya pendapat ke kita. Yang penting think positif. Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul tuh kak, keep positive thinking! (y)

      Hapus
  9. aku tipe yg ga peduli ama org lain.. sepanjang dia ga ganggu kehidupan ku, ya sudah.. aku jg ga bakal ganggu kehidupan dia... jd sama2 enak toh ;).. sayangnya di luaran sana banyak banget org yg masih srg mengganggu kehidupan org2 lain yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, prihatin jadinya hemm

      Hapus
  10. Soal dikomentarin dan dikritik orang, sebenernya tergantung sih. Kalau kritik dan komentarnya bersifat membangun, aku suka. Tapi kalau komentarnya terselubung 'iri, sewot, dan semacamnya' aku males banget tanggepin hehe. Sejauh ini, aku setuju dengan pendapat kamu. Hiduplah sesukamu, lakukan apapaun yang kamu suka selama itu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Merdeka \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jempol deh buat kaka! Sukasuka \:D/

      Hapus
  11. kalo sesama blogger harus ssaling komen kak XD

    BalasHapus
  12. Wah bener banget, hidup mah jangan di bawa ribet.. Lakuin yg menurut kita nyaman selama itu baik dan nggan ngerugiin oranglain.. Terlepas kita kita mau di nilai kaya apa, itu hak yg nilai.

    BalasHapus
  13. saya orangnya mudah terkena omongan orang, kadang sampe kepikiran dan kebawa mimpi. Cape. Kalo udah gitu, minta tolong sama Alloh dan berusaha fokus sama diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending menghindar aja deh mba, takutnya malah bawa pengaruh buruk kalo emang orang itu udah gak mempan dikasih tau. Cape ati ngadepin orang kaya gitu

      Hapus
  14. Berteman saja dg orang yg sepaham bahwa hidup ini mesti saling menghormati. Saya teman kecil yg kurang ajar pun ga mau lagi berteman 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dengan semua orang kita bisa saling menghormati, pasti hidup akan tentram :)Meski lebih nyaman berteman dengan orang yang pemikirannya sepaham, ada baiknya menjadi pengingat yang baik untuk mreka yang khilaf. Kalo emang udah gak bisa dikasih tau, yaudalah biarin. Toh kita udah ngasih tau

      Hapus
  15. Klo katanya guruku, hidup itu sebetulnya mencari "keseimbangan".

    Jadi ya harus seimbang antara hidup "sesukanya" dan hidup "mendengarkan orang lain". Nggak boleh lebih condong ke satu sisi.

    Nah, mencari titik keseimbangan itulah yang menjadi tantangan dalam hidup. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku ngerti kak, postingan yang aku maksud "hidup saja sesuka kita asal tidak merugikan yang lain" kalo soal komentar orang lain, ya milah milih aja. mana yang harus aku dengarkan dan mana yang gak harus aku dengarkan.
      makasih komentarnya ya kak ^^

      Hapus
  16. Selama yang dijalani merupakan hal yang baik, sebodo amat lah dengan bacot dan tulisan orang. Toh beras habis, kontrakan yang harus dibayar, dan segala macem urusan idup, cuma kepala saya yang mikirin sendiri, ga ngajak2 orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju abis meskipun contohnya agak sadis wkwk

      Hapus
  17. emberan cyiinn.. selama ga minta makan tinggal jajan atau jalan2 pake duit mereka kita bebas :)

    BalasHapus
  18. Ngurus hidup sendiri aja udah ribet banget ya mbak.
    Apalagi ngurusin hidup orang. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya makanya itu mas, mending ngurusin hidup sendiri ya? ehe

      Hapus
  19. Untungnya, aku bukan tipe orang yang suka denger apa kata orang... Jadi, nyantai aja klo ada yg berfikiran negatif sama akunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya mas wahab, syukur lah :D

      Hapus
  20. Aku setuju nih,Setiap orang punya haknya masing-masing, tampa harus mengusik orang lain.

    BalasHapus
  21. Kalau ada yang komentarin saya dan masih bisa diterima, ambil positifnya aja, anggap dia sayang dengan kita makanya perhatian. Tapi kalau udah keterlaluan ya tinggalin, masih banyak kok teman yang baik tanpa komentar berlebihan. Iya nggak sih? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, itu sebagai bentuk kepedulian

      iya banget \^o^/

      Hapus
  22. Aku malah pingin dikomentarin secara langsung huehehe. Soalnya ngerasa terlalu cuek, jadi ngerasa semuanya itu angin lalu. Suka ga ngeh kalau lagi diomongin.

    Gapapa, filternya di kita aja. Kalau komentar buruk yg tujuannya mental breakdown yaa gausah ditanggapin. Tapi kadang ada orang tuh komen yg nyelekit, tapi sebnernya baik, cuma cara nyampeinnya aja yg kita ga bisa terima. Nah kita udh keburu sakit hati....hm ya semoga dilapangkan lagi lah hatinya xD hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu cuek juga emang gak baik ya

      oke ami setuju ^^

      Hapus